Resep Cara Memasak Ikan Tuna Kuah Santan

Advertisement
Advertisement
Indonesia memang memiliki kekayaan yang melimpah dan salah satu nya kekayaan laut seperti ikan sekarang ini mendapat kan ikan cukup mudah. Kita tahu indonesia termasuk negara maritim terbesaar.Duapertiga wilayah kita memang berisi lautan.Nenek moyang kita pun pelaut.lagunya pun ada,Nenek moyang nya seorang pelaut.Gemar mengarung luas samudera. menerjang ombak tiada takut.menempuh badai sudah biasa.Namun kondisi laut yang terbentang luas itu sampai sekarang belum mampu mensejahterakan nelayan.belum lagi hasil budi daya ikan masih belum mendunia.
Namun tidak menutup kemungkinan diantara kita mudah mendapatkan ikan tapi tidak bisa mengolahnya sebetulnya banyak cara untuk mengolah ikan diantaranya di bakar ,goreng,pepes, Sup,dan yang akan kami sampaikan yaitu Cara Memasak ikan Tuna Dengan Kuah Santan tentu sangat mudah bila anda akan melakukanya.Ikan mungkin menjadi salah satu menu pilihan yang cukup menggugah selera anda.Apalagi di hidangkan dengan bumbu alami yang aromanya mewangi.Ikan salmo dan ikan tuna termasuk ikan yang paling banyak di cari karena kaya mengandung omega 3 asam omega 3 juga banyak terkandung dalam makarel dan sardine. dan bagi anada yang membutuhkan Cara memasak Ikan Tuna Kuah Santan bisa di lihat di sini.



Bahan dan bumbu Untuk memasak ikan Tuna Kuah santan


    250 gram ikan tuna, potong-potong
    1 sdm air jeruk nipis
    6 buah cabe rawit merah
    6 buah kapri manis
    1 batang serai, gunakan bagian putih, geprek
    1 lembar daun salam
    2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
    400 ml santan
    1 sdt gula putih dan garam secukupnya
    1 liter santan
Haluskan :

    2 sdt ketumbar, sangrai
    5 butir bawang merah
    3 siung bawang putih
    3 cm kunyit, bakar layu lalu kupas
    3 butir kemiri, sangrai

CARA MEMASAK IKAN TUNA KUAH SANTAN :

    Lumuri ikan tuna yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis selama 15 menit lalu cuci bersih kembali.
   Taburi ikan dengan sedikit garam, kemudian goreng dalam minyak panas hingga matang. Angkat dan tiriskan.
    Panaskan minyak goreng sekitar 3 sdm, tumis bumbu halus, masukkan serai, daun salam dan daun jeruk.   Setelah harum, tuang santan, tambahkan gula dan garam lalu aduk dan masak sampai mendidih.
 Masukkan ikan dan teruskan memasak sambil diaduk sesekali hingga bumbu meresap. Masukkan kapri    dan cabe rawit sesaat sebelum diangkat lalu siap untuk disajikan

Advertisement